Program Perwira Mandiri

(Tulisan ini diambil dari blog yang dibuat oleh salah satu mahasiswa yaitu (mangibam.wordpress.com/2011/08/15/perwira-mandiri/) .

 

Foto saat penutupan...dengan mahasiswa dan pak Yoedhi dari  FBI
Foto saat penutupan…dengan mahasiswa dan pak Yoedhi dari FBI

 

Perwira Mandiri, adalah program pendampingan wirausaha muda dari berbagai institusi ternama di Indonesia bekerjasama dengan Bank Mandiri Tbk (persero). Institusi yang disebut dalam hal ini adalah institusi pendidikan (perguruan tinggi), di Kota Bandung sendiri Bank Mandiri Tbk bekerjsama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), dsb. Setiap kampus diwakili oleh ± 5 orang mahasiswa yang telah memiliki usaha berjalan selama 1 tahun.

 

Coaching clinic  session...
Coaching clinic session…

Program yang diikuti selama 6 bulan terhitung sejak Februari 2011. Selama 6 bulan dimana saya dan 4 orang sahabat saya dari IM Telkom merajut kebersamaan dalam program pendampingan wirausaha muda tak terasa sudah berlalu. Ketika itu 9 Februari 2011, kami semua memulai perjalanan panjang itu dalam sebuah ruangan nyaman di lantai 2 gedung Bank Mandiri Kanwil VI. disanalah kami *saya, dian, aldi, daisy bella dan tentu saya ibu Lia Yuldinawati* pertama kali dipertemukan dengan pak Yoedhi Prabowo, seorang konsultan bisnis dari PT. Formula Bisnis Indonesia *disingkat FBI cuy..* atau NLP Business Coach. setiap 2 pekan kami datang dan berkumpul dalam satu ruangan, kami diberikan materi, ditantang untuk merencanakan ulang bisnis yang sudah kami jalani selama 1 tahun dan membuat targetan, kami pun diminta terus mempresentasikan progress aktivitas, sekecil apapun itu, dan tentunya di tuntut untuk melakukan self evaluation tidak hanya saat pertemuan, namun juga saat kami ada di dunia nyata. Canda, tawa, tangis, kesal, bete, sesal, dan lainnya silih berganti menghinggapi kami setiap kami berkumpul. 6 bulan yang luar biasa dan tak kan saya lupakan.

Perpisahan perwira mandiri, dengan 20 dosen terpilih dari bank mandiri
Perpisahan perwira mandiri, dengan 20 dosen terpilih dari bank mandiri

Program Perwira Mandiri pun akhirnya dinyatakan berakhir dengan adanya ceremony penutupan tanggal 29 Juli 2011 kemarin. Hari itu, perasaan saya sangatlah campur aduk, perasaan gembira bercampur sedih. Gembira karena saya sadar, layaknya ulat, saya telah bermetamorfosis menjadi sebuah bentuk kehidupan baru.. mungkin kupu-kupu yang ganteng *ga enak kalau bilang cantik*. saya telah mendapatkan banyak hal dan tentunya sudah menjadi pribadi yang baru dibanding dulu. saya sudah lebih siap menghadapi tantangan dunia nyata dibanding sebelumnya. Sedih, karena saya akan kehilangan sarana dimana saya akan dievaluasi, saya di teror dan terus ‘dikejar-kejar’ oleh apa yang sudah disepakati dalam perjanjian mengikat. setelah ini saya akan terbang sendiri, benar-benar menghadapi kenyataan yang seringkali tak bisa kita prediksi.

 

Perwira Mandiri, memberikan kesan yang mendalam pada diri saya, semoga apa yang sudah saya dapat selama 6 bulan kebelakang benar2 bisa saya manfaatkan untuk sesuatu yang tak hanya bermanfaat bagi saya, namun juga bagi orang-orang disekitar saya.

Sharing Session dari Coach Dosen Terpilih……
Sharing Session dari Coach Dosen Terpilih……

 

 

Leave a Reply